Jadwal Liga Inggris

Peta persaingan menjadi tim terbaik sekaligus berhak untuk mengangkat Trofi Liga Premier Inggris di akhir musim 2018/2019 berjalan secara ketat. Hampir di setiap pekannya selalu menghadirkan kejutan mengenai hasil akhir suatu pertandingan.

Jadwal Liga Inggris
Jadwal Liga Inggris

Para tim-tim besar yang notabene nya akan mudah untuk mengandaskan tim kuda hitam, justru sebagian dari mereka gagal meraih poin sempurna. Ambil contohnya adalah Manchester United, tim yang kini ditangani oleh Jose Mourinho telah menelan kekalahan sebanyak tiga kali. Jumlah itu hanya berselisih satu saja dari total kemenangan mereka.

Catatan tersebut tentu seperti tidak menggambarkan layaknya tim sekelas Manchester United. Pasalnya, mereka merupakan salah satu raksasa tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Eropa bahkan dunia. Berbeda halnya dengan Manchester City yang musim ini berstatus sebagai juara bertahan.

Tim arahan Pep Guardiola itu memiliki catatan apik pada awal-awal musim ini. Delapan laga yang telah mereka lakoni, tidak ada satu pun pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang. Hasilnya, mereka berhak menempati posisi paling atas dalam Tabel Klasemen Liga Premier Inggris atau dalam kata lain puncak klasemen.

Kejutan yang tercipta pada musim ini adalah Watford. Pasukan Javi Gracia secara mengejutkan mampu menyapu bersih empat pertandingan awal. Meski melewati beberapa laga selanjutnya dengan hasil yang cukup mengecewakan, namun tidak menutup kemungkinan mereka mampu mengakhiri musim ini sebagai juara.

Seperti diketahui bersama bahwa tim yang tidak diunggulkan pernah menjuarai kompetisi antarklub teratas Inggris ini yang sekaligus membuat publik dunia terkejut. Adalah Leicester City pada musim 2015/2016 yang berhasil mengandaskan perlawanan dua tim hebat, Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Dari tiga tim yang baru kembali naik ke kasta tertinggi sepakbola Inggris pada musim ini alias promosi, yakni Fulham, Cardiff City dan Wolverhampton Wanderers, hanya tim terakhir disebutkan tersebut yang mampu memberikan perlawanan berarti. Pasukan Nuno Espírito Santo hanya baru menelan satu kekalahan. Sisanya, tiga hasil imbang dan empat kemenangan.

JADWAL DUA BESAR LIGA INGGRIS PEKAN KESEMBILAN

Pada Jadwal Liga Inggris pekan kesembilan, juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen, Manchester City akan menghadapi perlawanan Burnley. Mereka sangat diunggulkan pada laga ini karena faktor bermain di rumah mereka sendiri yang dipastikan pula mendapatkan dukungan penuh para penggemarnya yang memadati seisi Etihad Stadium.

Manchester City
Manchester City vs Burnley

Bukan hanya faktor laga kandang, City juga tengah dalam performa apik. Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa tim arahan Pep Guardiola ini tidak mengakhiri satu pun dari delapan pertandingan yang telah mereka lakoni dengan hasil mengecewakan alias kekalahan.

Enam laga sukses mereka akhiri dengan kemenangan dan dua lainnya berakhir imbang. Dua laga yang gagal dimaksimalkan menjadi tiga poin tersebut ketika bertandang ke Stadion Molineux, markas dari tim kesebelasan Wolverhampton Wanderers dan Liverpool.

Performa apik tersebut akan coba untuk teruskan oleh City di akhir pekan ini. Dan lawan yang dihadapinya hanya sekedar Burnley. Tim yang hanya mampu memetik dua kemenangan, dua hasil imbang dan telah menelan kekalahan dengan jumlah yang justru lebih banyak, yakni empat kekalahan.

Ambisi besar tidak hanya City yang mengusungnya, tetapi juga dua tim lainnya, yakni Chelsea dan Liverpool. Kedua tim tersebut secara berturut-turut menempati peringkat kedua dan ketiga. Bahkan total, tiga tim teratas itu memiliki jumlah poin serupa, yakni sebanyak 20 poin. Dan memiliki catatan serupa, yaitu belum terkalahkan. Penentuan posisinya hanya berdasarkan jumlah selisih gol.

Chelsea
Chelsea vs Manchester United

Chelsea pekan kesembilan akan mendapatkan ujian sangat besar. Lawannya adalah Manchester United. Namun, pertandingan ini, The Blues bertindak sebagai tim tuan rumah dan dipastikan pula mendapatkan dukungan penuh dari penggemar yang meramaikan seisi Stamford Bridge.

Lawan memang tim sekelas Manchester United. Akan tetapi, tim berjuluk The Red Devils itu tengah dalam performa buruk. Pasukan Jose Mourinho mencatatkan perjalanan awal yang cukup buruk, dimana tiga kekalahan telah mereka rasakan. Meski demikian, Nemanja Matic dan kawan-kawan siap bangkit pada pertandingan akhir pekan ini.

HUDDERSFIELD VS LIVERPOOL

Sementara Liverpool, mereka akan melawan tim yang terbilang mudah untuk dikalahkan. Adalah Huddersfield Town. The Reds memang berstatus sebagai tim tamu, karena laga itu berlangsung di Stadion John Smith’s, akan tetapi lawannya hanyalah tim yang duduk di Zona Degradasi Liga Inggris, lebih tepatnya peringkat ke-18.

Liverpool
Hudderfield Town vs Liverpool

Pasukan Jurgen Klopp mencatatkan start yang terbilang sangat meyakinkan. Mereka bukan hanya tidak terkalahkan dari delapan pertandingan di kompetisi liga, tetapi juga menjadi tim dengan catatan kebobolan yang paling sedikit bersama Manchester City, yakni hanya sebanyak tiga kali.

Tetapi jelang laga melawan The Terriers akhir pekan ini, Liverpool harus menerima kenyataan pahit. Beberapa pemain andalannya dipastikan akan melewati pertandingan tersebut. Hal itu bukan lain dikarenakan cedera. Mereka semua adalah Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Virgil Van Dijk.

Meski demikian, tampaknya Klopp tidak perlu khawatir. Pasalnya, Ia masih memiliki sejumlah pemain dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya. Daniel Sturridge kemungkinan besar akan diturunkan sejak menit awal, begitu juga dengan Xherdan Shaqiri, dan Dejan Lovren.

AMBISI BESAR ARSENAL DAN TOTTENHAM HOTSPUR

Pada lanjutan Liga Premier Inggris pekan kesembilan, Arsenal akan menghadapi perlawanan Leicester City di Emirates Stadium. Laga ini akan berusaha untuk diakhiri menjadi tiga poin. Selain karena bermain di rumah sendiri, mereka juga tengah dalam penampilan apik.

Arsenal dan Tottenham Hotspur
Arsenal vs Leicester City dan West Ham United vs Tottenham Hotspur

Tim dengan julukan The Gunners itu memang pada awal musim tampil sangat mengecewakan. Dua pertandingan mereka lewati dengan kekalahan, yakni melawan Manchester City dan Chelsea. Tetapi setelah itu, mereka berhasil bangkit dan kini menempati batas akhir Posisi Liga Champions pada tabel klasemen atau peringkat keempat.

Leicester City memang bukan lawan yang mudah dikalahkan begitu saja. Namun, tim arahan Unai Emery ini optimis menang meski tidak menutup kemungkinan pula bahwa untuk kedua kalinya menelan kekalahan ketika berstatus sebagai tuan rumah, usai sebelumnya kandas ditangan Manchester City.

Posisi Arsenal di peringkat keempat sangatlah tidak aman. Bagaimana tidak, mereka memiliki jumlah poin yang serupa dengan sang rival sekota London Utara, bukan lain adalah Tottenham Hotspur. Spurs sendiri akan menghadapi laga bertajuk Derby London ketika melawan West Ham United. Pertandingan itu berlangsung di London Stadium, markas The Hammers.

Berlaga di markas lawan tentu bukan perkara mudah, terlebih lagi akan bermain di bawah tekanan para pendukung tuan rumah. Akan tetapi, tim arahan Mauricio Pochettino tidak gentar dan siap menghadirkan kejutan dengan mampu mengakhirinya sebagai pemenang.

Karena dengan hanya kemenangan, maka tiga poin berhak menjadi milik Harry Kane dan kawan-kawan. Sehingga, peluang untuk mengakhiri perjalanan musim ini sebagai juara menjadi lebih besar. Terlebih lagi, jarak dengan puncak klasemen hanya sebesar dua poin saja.